levitraveri.com merupakan situs pemberi informasi tentang travel, rumah minimalis, tips, masakan, otomotif dan masi banyak lainnya.

Monday, February 11, 2019

Sering Merasakan Sakit Saat Musim Pancaroba

Musim pancaroba sering terjadi di bulan Maret sampai April di mana itu musim peralihan dari musim hujan musim kemarau pada bulan Oktober sampai Desember biasanya musim kemarau ke musim hujan. Terjadinya musim pancaroba biasanya ditandai dengan angin kencang puting beliung angin yang tidak teratur hujan yang datang secara tiba-tiba dan udara yang terasa panas. Pada saat musim pancaroba datang pastinya terdapat banyak jenis penyakit yang sering terjadi pada banyak orang seperti sakit kepala flu asma sampai dengan sakit pada persendian. Bahkan banyak juga yang terserang sakit radang tenggorokan.

Sering Merasakan Sakit Saat Musim Pancaroba

Berikut ini beberapa penjelasan tentang penyakit yang sering muncul pada saat musim pancaroba datang.

• Asma : penyakit ini bisa terjadi jika saluran udara mengalami peradangan. Di mana suhu yang ada di sekitar menjadi rendah udara dingin yang masuk ke dalam saluran udara akan menjadi lebih dingin. Kemudian saluran udara akan menimbulkan reaksi terhadap udara dingin sehingga terjadi peradangan. Jika anda melakukan banyak aktivitas berat dan berolahraga pada ruang terbuka Penyakit ini bisa menjadi parah. Sehingga pada saat anda melakukan aktivitas yang berat bisa menyebabkan udara tidak bisa dihangatkan terlebih dahulu. Hal tersebut bisa meningkatkan resiko inflamasi yang berakibat pada udara dingin. Jika anda memiliki riwayat penyakit asma ini akan kambuh dari angin kencang serbuk sari dan badai yang terjadi pada saat musim pancaroba. Apalagi jika terjadi badai yang bisa membawa serbuk sari pada udara akan menyebabkan banyak penderita asma harus mendapatkan perawatan khusus.

• Sakit kepala : Penyakit ini biasanya terjadi karena turunnya tekanan udara kenaikan tajam kelembaban udara ataupun turunnya suhu udara yang secara tiba-tiba sehingga bisa memicu terjadinya sakit kepala terutama migrain. Ada beberapa survei yang menyatakan penderita migrain bisa terjadi karena adanya perubahan cuaca. Apalagi pada saat cuaca dingin yang ekstrem ataupun sinar matahari yang terlalu panas juga bisa menyebabkan Ketidakstabilan komponen kimiawi pada otak sehingga bisa mengakibatkan sakit kepala. Dengan cuaca yang sangat dingin juga bisa mempengaruhi pembuluh darah menjadi menyempit sehingga bisa menghambat suplai darah yang masuk ke dalam otak.

• Flu : penyakit yang biasa diakibatkan oleh penurunan suhu sehingga membuat virus menjadi berkembang biak dengan cepat. Dengan perubahan ke udara dingin juga bisa membuat sistem imun menurun. Yang dimana molekul yang berfungsi untuk bisa mendeteksi virus pada sel dan memberi perintah untuk bisa melawan virus menjadi kurang sensitif di saat suhu dingin. Udara dingin juga bisa menghambat kerjanya protein khusus yang ada di dalam tubuh yang berfungsi untuk mematikan gen yang berasal dari virus menghambat penyebaran virus dan bisa membunuh sel yang sudah terinfeksi oleh virus.

• Nyeri sendi : dengan adanya penurunan tekanan pada udara bisa berakibat penyakit nyeri sendi. Seperti jaringan yang berada di sekitar persendian seperti balon di mana tekanan udara yang normal bisa menahan balok tersebut sehingga tidak mengembang. Tetapi tekanan udara yang rendah bisa menyebabkan balon tersebut tidak bisa menahan sehingga perlahan-lahan balon dan jaringan tersebut akan mengembang.

Itulah beberapa macam penyakit yang sering muncul di saat musim pancaroba. Jadi sangat disarankan anda bisa menjaga kesehatan untuk tidak terjadinya penyakit-penyakit yang bisa saja menyerang anda jika anda sedang mengalami penurunan kesehatan. Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin pada setiap harinya agar tubuh anda bisa memiliki sistem imun yang kuat.

No comments:

Post a Comment